RANCANGAN
KEGIATAN PEMBELAJARAN
(Juknis, Alokasi Waktu, Sekuen Materi,
Silabus, SAP, Model Evaluasi, Materi Perkuliahan)
MATA KULIAH
PERBANKAN SYARIAH
KODE MATA KULIAH : E42
Dosen Pengampu
EKO SUSANTO, S.E., M.M.
PROGRAM STUDI EKONOMI SYARIAH
JURUSAN EKONOMI SYARIAH
SEKOLAH TINGGI EKONOMI DAN BISNIS ISLAM
DARUSSALAM
OGAN KOMERING ILIR
TAHUN 2019/2020
PETUNJUK TEKNIS
1
|
MATA KULIAH
|
:
|
PERBANKAN
SYARIAH
|
2
|
DOSEN PENGAMPU
|
:
|
EKO SUSANTO, S.E., M.M.
|
3
|
FREK. PERKULIAHAN
|
:
|
16 pertemuan
|
4
|
EVALUASI
|
:
|
a.
Ujian Tengah Semester
b.
Ujian Akhir Semester
c.
Partisipasi kehadiran
d.
Partisipasi kegiatan kelas
e.
Presentasi dan nilai tugas individu
dan kelompok
|
5
|
SUMBER PUSTAKA
|
:
|
|
|
1.
Arifin, Zainun.
(2000). Memahami Bank Syariah: Lingkup,
Peluang,
Tantangan dan Prospek. Cetakan Ketiga. Jakarta: AlvaBet
|
SILABUS MATA KULIAH
1
|
Identitas Perguruan Tinggi
a.
Perguruan Tinggi
b.
Fakultas
c.
Jurusan
d.
Program Studi
|
:
:
:
:
|
Sekolah Tinggi Ekonomi dan Bisnis
Islam Darussalam Tugumulyo OKI
Ekonomi Syariah
Ekonomi Syariah
|
2
|
Identitas Mata Kuliah
a.
Nama Mata Kuliah
b.
Kode Mata Kuliah
c.
Dosen Pengampu
d.
Kode Dosen Pengampu
e.
Semester
f.
Bobot sks
|
:
:
:
:
:
:
|
Perbankan Syariah
E42
Eko Susanto, S.E., M.M.
24
IV (Empat0
3
|
3
|
Mata Kuliah Prasyarat
|
:
|
Pengantar Manajemen dan Pengantar Akuntansi
|
4
|
Status dan Sifat Mata Kuliah
a.
Status mata kuliah
b.
Sifat mata kuliah
|
:
:
|
Wajib
Teori / Praktik
|
5
|
Kompetensi yang dicapai
a.
Kompetensi
b.
Indikator
|
:
:
|
Mata kuliah ini bertujuan untuk membahas tentang perbankan syariah dan prinsip
dasar Perbankan Syariah
Indikator Utama Mata Kuliah
Mahasiswa mampu menjelaskan, memahami dan
mendeskripsikan pengertian dan ruang lingkup Perbankan syariah
|
6
|
Deskripsi mata kuliah
|
:
|
Mata Kuliah ini membahas sejarah singkat perbankan syariah,
sejarah singkat perbankan
syariah, kesehatan
bank syariah, falsafah
dasar perbankan islami, undang-undang bank
syariah,
produk bank syariah,
bank konvensional dan bank syariah,
perkembangan
perbankan syariah, sistem pembiayaan bank
syariah,
pinjaman modal kerja,
etika meminjam
secara islami
|
7
|
Pendekatan Pembelajaran
|
:
|
1.
Ceramah
2.
Praktikum
3.
Diskusi
4.
Latihan tugas
|
8
|
Media Pembelajaran
|
:
|
LCD/Projektor, Laptop, papan tulis, kapur tulis atau spidol
|
9
|
Assesmen
|
:
|
Meliputi: nilai UTS, UAS,
partisipasi kehadiran,
partisipai kegiatan kelas, presensi, serta tugas mandiri maupun kelompok
|
10
|
Tugas-tugas mahasiswa
|
:
|
1.
Tugas individu maupun kelompok
2.
Studi kasus permasalahan yang berkenaan dengan
arsitektur dan lingkungan
3.
Presentasi perancangan arsitektur yang ramah lingkungan
|
11
|
Pustaka
|
:
|
|
|
1. Arifin, Zainun. (2000). Memahami Bank
Syariah: Lingkup, Peluang, Tantangan dan Prospek. Cetakan Ketiga. Jakarta: AlvaBet
|
RINCIAN
KEGIATAN DAN ALOKASI PERTEMUAN DALAM SATU SEMESTER
(SATUAN
ACARA PERKULIAHAN)
Mata Kuliah : Perbankan Syariah
SKS :
3
Semester :
IV
Jumlah Pertemuan : 16 kali pertemuan
Dosen Pengampu : Eko Susanto, S.E., M.M.
Progam Studi : S1 Ekonomi
Syariah
Jurusan :
Ekonomi Syariah
TATAP
MUKA
|
KOMPTENSI
DAN SUB KOMPETENSI
|
MATERI
POKOK DAN
SUB
POKOK BAHASAN
|
TUGAS
|
1
|
Mahasiswa diharapkan
mampu
mendefenisikan tentang Sejarah Singkat
Perbankan
Syariah
|
TOPIK : SEJARAH
SINGKAT PERBANKAN SYARIAH
1. Sejarah
singkat
2. Produk Bank Syariah
3. Penilaian Kesehatan
Bank
Syariah
|
RENI DIANA WATI
Dan
WINDA SARI
|
2
|
Mahasiswa diharapkan
mampu
mendefenisikan tentang Sejarah
Singkat
Perbankan
Syariah
|
TOPIK : SEJARAH
SINGKAT PERBANKAN SYARIAH
a. Sejarah
singkat
b. Produk Bank Syariah
c. Penilaian
Kesehatan Bank
Syariah
|
|
3
|
Mahasiswa diharapkan
memahami tata
cara penilaian kesehatan
bank
syariah
|
TOPIK : KESEHATAN
BANK SYARIAH
1. Penilaian Kesehatan
Bank Syariah
|
BAYU
WICAKSONO
Dan
M. SAMSUL ARIFIN
|
6
|
Mahasiswa diharapkan
mampu mendefinisikan tentang
Kesehatan Bank
Syariah
|
TOPIK : KESEHATAN
BANK SYARIAH
a. sejarah
singkat, produk bank syariah,
b. penilaian kesehatan bank
syariah
|
|
7
|
Mahasiswa diharapkan
mampu
mendefinisikan Falsafah Dasar
Perbankan Islami Produk Bank Syariah
|
TOPIK : FALSAFAH
DASAR
PERBANKAN ISLAMI
1. Falsafah Dasar
Perbankan Islami
Produk Bank Syariah
2. Bunga Bank dan Permasalahannya
|
EKO SETIAWAN,
ROFIKUL ANWAR
ROZIQI ABAS
|
8
|
Mahasiswa diharapkan
mampu mendefinisikan Falsafah
Dasar Perbankan
Islami Produk Bank
Syariah
|
TOPIK : FALSAFAH
DASAR
PERBANKAN ISLAMI (riski dan eko setiawan)
a. Falsafah
Dasar Perbankan
Islami Produk Bank
Syariah
b. Bunga Bank dan
Permasalahannya
|
|
10
|
Mahasiswa diharapkan
mampu
mendefinisikan pengertian Undang –Undang Bank Syariah
|
TOPIK : UNDANG-
UNDANG BANK SYARIAH
1. Menjelaskan
Periode
Undang-undang Bank syariah
|
|
11
|
Mahasiswa diharapkan
mampu mendefinisikan pengertian
Undang –Undang Bank Syariah
|
TOPIK : UNDANG-
UNDANG BANK SYARIAH
Periode Undang-undang
Bank syariah
|
|
12
|
Mahasiswa diharapkan
mampu
mendefinisikan pengertian Undang –Undang Bank Syariah
|
TOPIK : UNDANG-
UNDANG BANK SYARIAH
Periode Undang-undang
Bank syariah
|
|
13
|
Mahasiswa diharapkan dapat
mendefinisikan pengertian
Hukum Positif Perbankan
Islami.
|
TOPIK : UNDANG-
UNDANG BANK SYARIAH
Periode Undang-undang
Bank syariah
|
|
14
|
Mahasiswa diharapkan dapat
mendefinisikan tentang
Undang-Undang Bank Syariah
|
TOPIK : UNDANG-
UNDANG BANK
SYARIAH Menjelaskan Periode Undang-undang
Bank
syariah
|
|
15
|
Mahasiswa diharapkan dapat
mendefinisikan tentang
Undang-Undang Bank
Syariah
|
TOPIK : UNDANG-
UNDANG BANK SYARIAH
Periode Undang-undang
Bank syariah
|
|
|
Mahasiswa diharapkan dapat
mendefinisikan Produk Bank
Syariah
|
TOPIK : PRODUK BANK
SYARIAH
1. Sejarah
singkat
2. Produk Bank Syariah
3. Penilaian Kesehatan
Bank
Syariah
|
NIKMATUL AZIZAH
dan
NIKMATUL KHASANAH
|
|
Mahasiswa diharapkan dapat
mendefinisikan Produk Bank
Syariah
|
TOPIK : PRODUK BANK
SYARIAH
a. Sejarah
singkat
b. Produk Bank
Syariah
c. Penilaian Kesehatan
Bank
Syariah
|
|
|
Mahasiswa diharapkan dapat
mendefinisikan Produk Bank
Syariah
|
TOPIK : PRODUK BANK
SYARIAH
1. Sejarah
singkat
2. Produk Bank Syariah
3. Penilaian Kesehatan
Bank
Syariah
|
|
|
Mahasiswa diharapkan dapat
mendifinisikan tentang berdirinya Bank
Syariah di
Indonesia dan Dunia
|
TOPIK : PRODUK BANK
SYARIAH
a. Sejarah singkat
b. Produk Bank Syariah
c. Penilaian
Kesehatan
Bank
Syariah
|
|
|
Mahasiswa diharapkan
mampu memahami Mampu
|
TOPIK : BANK
KONVENSIONAL DAN
|
ANWAR SAPUTERA
Dan
MUHAMAD TOHIR
|
|
menjelaskan perbedaan antara
bank
konvensional dan bank syariah
|
BANK SYARIAH
1. Bank Konvensional
2. Bank Syariah
|
|
|
Mampu menjelaskan
perbedaan antara bank
konvensional dan bank syariah
|
TOPIK : BANK
KONVENSIONAL DAN BANK SYARIAH
a. Bank Konvensional
dan
Bank Syariah
|
|
|
Mahasiswa diharapkan
memahami Mampu menjelaskan perkembangan
sistem perbankan syariah.
|
TOPIK :
PERKEMBANGAN
PERBANKAN SYARIAH
1. Kelahiran Sistem
Perbankan
Syariah
|
ASMU’I
Dan
HERIYANTO
|
|
Mahasiswa diharapkan
memahami Mampu menjelaskan perkembangan
sistem perbankan syariah.
|
TOPIK :
PERKEMBANGAN PERBANKAN SYARIAH
a. Kelahiran Sistem
Perbankan
Syariah
|
|
|
Setelah mengikuti
praktikum,
mahasiswa diharapkan
mampu
mendefinisikan Sistem Pembiayaan Bank Syariah
|
TOPIK : SISTEM
PEMBIAYAAN BANK
SYARIAH
1. Sistem
pembiayaan Bank
Syariah
|
SITI AMINAH
Dan
EKO HARIADI
|
|
Setelah mengikuti
praktikum,
mahasiswa diharapkan
mampu
mendefinisikan Sistem Pembiayaan Bank Syariah
|
TOPIK : SISTEM
PEMBIAYAAN BANK SYARIAH
1. Sistem pembiayaan Bank
Syariah
|
|
|
Setelah mengikuti
praktikum, mahasiswa diharapkan mampu
mendefinisikan Sistem
Pembiayaan
Bank Syariah
|
TOPIK : SISTEM
PEMBIAYAAN BANK
SYARIAH
1. Sistem
pembiayaan Bank
Syariah
|
|
|
Setelah mengikuti
praktikum,
mahasiswa diharapkan
mampu
mendefinisikan Cara memperoleh pembiayaan bank Syariah.
|
TOPIK : SISTEM
PEMBIAYAAN BANK
SYARIAH
a. Sistem pembiayaan Bank
Syariah
|
|
|
Mahasiswa diharapkan
memahami tentang Pinjaman
Modal Kerja
|
TOPIK : PINJAMAN
MODAL KERJA
1. Pembiayaan Modal
Kerja
2. Pembiayaan Investasi
3. Pembiayaan Konsumsif
|
NIKEN MAWANI NINGSIH
Dan
KURNIA RISKI S.
|
|
Mahasiswa diharapkan
memahami pengertian
Etika
Meminjam Secara
Islami
|
TOPIK : ETIKA
MEMINJAM SECARA ISLAMI
1. Etika meminjam
secara islami
|
LAILI MUNAZILAH
|
Nb.
1.
Warna Merah sudah memberikan tugas
2. Warna hitam belum
memberikan tugas
3. Tugas dikumpul
paling lambat tanggal 12 April 2020
4. Tugas dikumpul atu
dikirim lewat E-Mail : ekosusantosemm29@gmail.com
SATUAN ACARA PERKULIAHAN
Mata Kuliah
|
:
|
Perbankan
|
Kode/SKS
|
:
|
P61 / 2
|
Mata Kuliah Prasyarat
|
:
|
|
Semester
|
:
|
IV (Empat)
|
Pokok Bahasan
|
:
|
...................................(Tulis pokok bahan yang menjdi kajian mata
kuliah)
|
Sub Pokok Bahasan
|
:
|
1. .................................................
2. ................................................
|
Waktu & Pertemuan ke
|
:
|
100 menit, pertemuan ke .................
|
Dosen Penanggung jawab
|
:
|
Eko Susanto, S.E., M.M.
|
KOMPETENSI DAN MODEL
PEMBELAJARAN
A.
KOMPETENSI
1.
Mahasiswa diharapkan mampu
mengaplikasikan konsep dan prosedur dalam menghitung, memperhitungkan dan melaporkan
pajak.(PPh, PPN, PPnBM, PBB, BPHTN dan Bea Meterai) yang menjadi
tanggungjawabnya.
i.
INDIKATOR
1. Mahasiswa mampu menjelaskan, memahami dan mendeskripsikan pengertian
dan ruang lingkup Perbankan
i. MODEL PEMBELAJARAN
Ekspositori
dan Inkuiri
1. Metode : Ceramah, Diskusi, Studi kasus, Debat, Kerja Lapangan
2. Tugas :
Terstruktur
3. Media : Laptop, LCD
Projector, White Board, Board marker
ii. SKENARIO
KEGIATAN PEMBELAJARAN
TAHAP KEGIATAN
|
KEGIATAN DOSEN
|
KEGIATAN MAHASISWA
|
WAKTU
|
PERSIAPAN
|
.............................................
.............................................
|
Absensi Mahasiswa
|
10 menit
|
PELAKSANAAN
|
·
Menjelaskan materi
|
·
Memperhatikan materi dan mencatat
materi serta merespon pertayaan yang disampaikan dari Dosen
|
75 menit
|
|
|
·
Menanggapi, bertanya, mengajukan
pendapat.
|
|
PENUTUP
|
Memberikan kesempatan bertanya dan menyimpulkan inti
materi hari ini
|
Mengajukan pertanyaan tentang materi yang belum
dimengerti dan, menyimak hasil kesimpulan materi hari yang dijelaskan hari
ini
|
15 menit
|
Jumlah
waktu
|
100 menit
|
iii. MEDIA,
ALAT, DAN BAHAN PEMBELAJARAN
1. White board
2. Board marker
3. Laptop
4. Multi Media Projector/LCD
iv. EVALUASI
Bobot penilaian
kemampuan dan keberhasilan belajar mata kuliah Arsitektur Lansekap didasarkan
pada :
1. kehadiran 80
% dari seluruh kegiatan tatap muka dan berpartisipasi aktif dalam perkuliahan,
pengerjaan tugas dan responsi (bobot 20 %)
2. Tugas individu
25 %
3. Ujian Tengah
Semester (UTS) 25 %
4. Ujian Akhir
Semester (UAS) 30 %
v.
SUMBER PUSTAKA PEMBELAJARAN
1.
Resmi, Siti,
2013, Perbankan Teori dan Kasus, Salemba Empat
2.
Priantara,
Diaz, 2012, Perbankan Indonesia, Mitra Wacana Media.
3.
Mardiasmo, 2010. Perbankan
: Penerbit Andi
4. Undang-undang no. 28 tahun 2007 tentang Ketentuan
Umum dan Tata Cara Perbankan
5.
Undang-Undang
No. 36 tahun 2008 tentang Pajak Penghasilan.
i.
MODEL
EVALUASI
- Syarat Mengikuti Ujian ( kehadiran 80 % harus hadir)
1. kehadiran
80 %
2. Memasukkan
tugas terstruktur
3. Telah
mengikuti Ujian Tengah Semester
- Aspek Penilaian (indikator yang dinilai) :
1. Kehadiran
20 %
2. Nilai
tugas 25 %
3. Ujian
Tengah Semester (UTS) 25 %
4. Ujian
Akhir Semester (UAS) 30 %
- Format Kisi-Kisi Ujian :
1.........................................................................................................
2.........................................................................................................dst
(Tulis Format Kisi-Kisi Ujian yang akan
dilaksanakan)
- Contoh Soal UTS UAS
1....................................................................................................................
2..................................................................................................................dst
(Tulis contoh soal Ujian yang akan dilaksanakan)
Ogan Komering Ilir, Januari
2020
Kaprodi Dosen Pengampu
Ekonomi
Syariah
M.
ISNAN S.E.M.E EKO SUSANTO, S.E., M.M.
Ketua STEBIS Darussalam
KH. NURHADI HIZBULLOH, S.Pd., M.M.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar