Senin, 06 April 2020

MAKALAH PASAR PERSAINGAN SEMPURNA


PASAR PERSAINGAN SEMPURNA

Diajukan Untuk Memenuhi Salah Satu Tugas
Mata Kuliah: Pengantar Ekonomi Makro
 Dosen Pengampu : Eko Susanto, S.E., M.M








Disusun Oleh :
M. Huston Nawawi

PROGRAM STUDI EKONOMI SYARIAH
SEKOLAH TINGGI ILMU EKONOMI DAN BISNIS ISLAM (STEBIS) DARUSSALAM
OGAN KOMERING ILIR
TA. 2020

Kata Pengantar


Pertama-tama saya panjatkan puja dan puji syukur atas kehadirat allah swt. Yang telah melimpahkan rahmat, taufiq dan inayahnya sehingga makalah ini dapat terselesaikan tepat waktu. Tak lupa sholawat dan salam saya haturkan kepada junjungan  nabi kita muhammad saw. Yang telah mengantarkan saya dari zaman yang buruk ke zaman yang lebih indah.
Selanjutnya saya mengucapkan banyak terimakasih kepada semua pihak yang telah membantu mensukseskan makalah ini, sehingga makalah ini dapat di kumpulkan pada waktu yang tepat.
Mohon maaf apabila terdapat kekurangan dalam penyusunan makalah dari awal sampai akhir, sesungguhnya saya telah membuatnya semaksimal mungkin namun saya sangat berharap kritik dan saran yang membangun dari dosen atau teman saya untuk memperbaiki makalah ini.

Ogan Komering ilir,    April 2020
Hormat kami


Penyusun




Daftar Isi




BAB I
PENDAHULUAN

A.    Latar Belakang Makalah

      Jepara merupakan salah satu kota kabupaten yang berada di jawa tengah tepatnya di sebelah timur kota semarang. Jepara sendiri mempunyai banyak pasar tradisional dan ada juga beberapa pasar modern. Hampir setiap daerah kecamatan di jepara terdapat satu atau dua pasar tradisional yang setiap harinya terjadi adanya transaksi produk barang ataupun jasa. Namun jika kita melihat lebih dalam lagi terdapat banyak produsen yang rata-rata menjual bahan pangan untuk kebutuhan sehari-hari termasuk beras dan sayur-sayuran. Para pelaku produsen ingin menjalankan kegiatan produksi secara sukses dan produk yang dihasilkan dapat dinikmati oleh konsumen. Segala upaya dilakukan agar hal tersebut dapat terwujud. seperti penyediaan berbagai produk yang memang diminati serta dibutuhkan oleh konsumen pada saat ini. dengan kata lain produk tersebut memiliki potensi besar karenadidukung oleh para konsumen yang besar. terlebih mampu menarik daya beli konsumen terhadap produknya. dan produk tersebut juga tentunya dapat memberikan benefit yang relatif sama bagi semua konsumen
      Menjadi sangat penting bagi sebuah pasar dapat memberikan karakteristik dalam setiap produsen terhadap produknya. Untuk itu produsen perlu memperhatikan segala faktor dan aspek hambatan yang akan mempengaruhi hambatan perusahaan dalam bentuk persaingan di dalam pasar. Dalam pasar persaingan sempurna, struktur pasar akan mempengaruhi perusahaan, jumlah perusahaan, sifat produk yang dihasilkan serta kemampuan perusahaan dalam mempengaruhi harga dan pasar.
Semua landasan yang tertulis diatas menjadi landasan mengapa makalah ini dibuat dan untuk lebih jelasnya akan dilanjutkan di rumusan masalah dan informasi lain di “PASAR PERSAINGAN SEMPURNA”.

B.     Rumusan Masalah

Rumusan masalah yang akan di bahas dalam makalah ini sebagai berikut :
a)      Pengertian dan karakteristik dari pasar persaingan sempurna?
b)      bagaimanakah permintaan, penerimaan dan penawaran dari pasar persaingan sempurna?
c)      bentuk-bentuk keseimbangan yang terjadi di dalam pasar persaingan sempurna?
d)     kelebihan dan kelemahan dari pasar persaingan sempurna?

C.    Tujuan Pembuatan Makalah

Tujuan dalam pembuatan makalah ini, antara lain :
a)      Memahami pengertian dan karakteristik dari pasar persaingan sempurna
b)      Memahami permintaan, penerimaan dan penawaran pasar persaingan sempurna
c)      Memahami bentuk keseimbangan yang terjadi di dalam pasar persaingan sempurna
d)     Memahami kelebihan dan kelemahan dari pasar persaingan sempurna


BAB II
PEMBAHASAN

A.    Pengertian pasar persaingan sempurna

      Pasar persaingan sempurna adalah suatu pasar dimana terdapat kekuatan dari permintaan dan penawaran yang dapat secara bebas bergerak dan penjual maupun pembeli tidak dapat mempengaruhi harga, sehingga harga di pasar benar-benar merupakan hasil kesapakatan dan interaksi antara permintaan dan penawaran.
      Permintaan yang terbentuk mencerminkan keinginan produsen, sementara penawaran mencerminkan keinginan produsen. Dalam pasar persaingan sempurna, pembeli maupun penjual sama sekali tidak dapat mempengaruhi harga pasar karena baik dari penjual maupun pembeli sudah mengetahui dengan baik informasi dari produk tersebut dan struktur yang ada pada pasar persaingan sempurna.
      Contoh pasar persaingan sempurna antara lain pasar makanan pokok yaitu beras yang berhubungan antara petani sebagai produsen dan pedagang sebagai pembeli. Dalam pasar beras jumlah penawaran (petani) banyak, mereka masing-masing menjual beras dalam jumlah yang relatif kecil dengan bentuk sangat sederhana, sehingga masing-masing petani tidak dapat mempengaruhi harga di pasar yang sudah terbentuk. Apabila petani tersebut menjual di bawah harga pasar, maka ia akan rugi, begitu pula sebaliknya bila ia menjual di atas harga pasar maka ia akan di tinggalkan oleh pembeli.

B.     Karakteristik pasar persaingan sempurna

Pasar persaingan sempurna memiliki karakteristik khusus, di antaranya sebagai berikut... 
·         Terdapat banyak pembeli dan penjual, artinya masing-masing pihak, baik pembeli maupun penjual tidak dapat mempengaruhi harga pasar. 
·         Banyaknya barang yang diperdagangkan bersifat homogen, artinya konsumen beranggapan bahwa barang-barang yang diperjualbelikan memiliki kualitas yang sama. 
·         Informasi pasar lengkap, artinya antara pembeli dan penjual saling mengetahui tentang mutu, harga, tempat, dan waktu barang-barang yang diperdagangkan. 
·         Harga ditentukan oleh mekanisme permintaan dan penawaran, artinya pembeli bebas mengambil keputusan untuk membeli atau tidak terhadap barang, begitu juga penjual juga memiliki kebebasan untuk menjual arang dan jasa. 
·         Bebas dari campur tangan pemerintah, artinya pemerintah tidak turut campur tangan dalam menentukan harga di pasar. 
·         Timbulnya kekuatan tersendiri di dalam pasar, artinya tidak ada kekuatan luar, baik pemerintah maupun pihak lain yang bisa mempengaruhi keputusan yang diambil oleh penjual dan pembeli.

C.    Permintaan dalam pasar persaingan sempurna

      Tingkat harga dalam pasar persaingan sempurna di tentukan oleh permintaan dan penawaran. Misalkan kita berbicara tentang pasar, pakaian dan anak-anak, maka harga pakaian anak-anak di tentukan oleh kekuatan permintaan dan penawaran untuk pakaian anak-anak. Seperti yang telah di gambarkan diagram berikut.
Perusahaan secara individu harus menerima harga tersebut sebagai harga jual, karena jumlah output yang di hasilkan perusahaan sangat kecil dibanding output pasar, maka berapapun produk yang di jual perusahaan di pasar relatif tidak berubah. Untuk itu kurva yang di gambarkan perusahaan secara individu berbentuk garis lurus horizontal, seperti gambar berikut.

D.    Penerimaan dalam pasar persaingan sempurna

      Penerimaan total (total revenue) perusahaan sama dengan jumlah output (q) dikali harga jual (p). Karena harga telah di tetapkan, penerimaan rata-rata (average) dan penerimaan marjinal (marjinal revenue) adalah sama dengan harga. Demikian dengan kurva permintaan (d) sama dengan kurva penerimaan rata-rata (ar) sama dengan kurva penerimaan marjinal (mr) sama dengan harga (p), seperti yang di jelaskan di gambar dengan kode a.
Kurva penerimaan total berbentuk garis lurus dengan sudut kemiringan positif, bergerak mulai dari titik (0,0) seperti yang di tunjukkan oleh gambar b.

E.     Keseimbangan peerusahaan dalam jangka pendek

a)      Perusahaan sebaiknya hanya berproduksi, paling tidak apabila biaya variabel (VC)= penerimaan total (TR), atau biaya variabel rata-rata (AVC)= harga.
b)      Perusahaan memproduksi pada saat MR=MC agar perusahaan mencapai laba maksimum atau dalam kondisi terburuk kerugiannya minimum (minimum loss)
·         Keseimbangan jangka pendek perusahaan dalam pasar persaingan sempurna. menunjukan bahwa titik MR=MC (titik E) tercapai pada saat output sejumlah Q.
·         Keseimbangan jangka pendek perusahaan pada kondisi impas.   Kondisi impas terjadi bila biaya rata-rata sama dengan harga, dimana laba per unit sama dengan nol.
·         Keseimbangan jangka pendek perusahaan dalam kondisi rugi minimum.

F.     Keseimbangan perusahaan dalam jangka panjang

a)      Perusahaan harus bekerja sebaik mungkin (doing as well as possible) agar perusahaan mencapai keadaan yang paling optimal.
b)      Tidak mengalami kerugian (not suffering loss) agar dapat mengganti barang modal yang digunakan dalam produksi.
c)      Tidak ada insentif bagi perusahaan untuk masuk-keluar karena laba nol.
d)     Perusahaan tidak dapat menambah laba lagi pada saat SAC=LAC
·         Menunjukkan keseimbangan industri jangka panjang terjadi di titik E dimana tingkat harga P=0 dan jumlah output Q=0, seperti yang dijelaskan gambar a.
·         Jika ada perusahaan yang masuk, akan terjadi penambahan penawaran.

G.    Kelebihan dari pasar persaingan sempurna

Dalam pasar persaingan sempurna mempunyai beberapa kelebihan, diantaranya yaitu :
·         Mampu mendorong efisiensi dalam produksi. Dengan jumlah produsen atau penjual yang banyak, maka produsen akan berlomba-lomba untuk meningkatkan mutu barang yang dijualnya.
·         Tidak memerlukan iklan. Dengan sifat homogen di pasar persaingan sempurna, maka pemasangan iklan sama sekali tidak di butuhkan karena jenis barang yang diperjual belikan sama.
·         Pembeli dan penjual bebas bertindak. Produsen dan konsumen memiliki kebebasan dalam keluar masuk pasar. Bagi produsen  yang merasa rugi dapat keluar dari pasar. Dan konsumen dapat bebas membeli barang kapanpun.

H.    Kekurangan dalam pasar persaingan sempurna

·         Tidak ada dana untuk penelitian dan pengembangan produk. Dengan laba secukupnya produsen tidak dapat melakukan inovasi pada produknya.
·         Terbatasnya kebebasan memilih bagi pembeli. Dengan jenis barang yang di jual hanya satu, membuat konsumen tidak bisa memilih barang sesuai selera dan tingkat pendapatan mereka masing-masing.

BAB III
PENUTUP

A.    Kesimpulan

1)      Pasar persaingan sempurna merupakan suatu pasar dimana produk yang di jual bersifat homogen serta banyak penjual dan pembeli namun mereka tidak dapat mempengaruhi keadaan pasar sekarang maupun kondisi yang akan terjadi.
2)      Karakteristik dari pasar persaingan sempurna diantara lain : pelaku usaha merupakan pengambil harga, setiap pelaku usaha dapat bebas keluar masuk pasar, terdapat banyak pelaku usaha dengan output kecil, pengetahuan pembeli mengenai pasar.
3)      Di dalam menganalisis usaha suatu perusahaan dan untuk memaksimumkan sebuah keuntungan, terdapat 2 hal yang perlu dipeerhatikan : (1) ongkos produksi yang dikeluarkan perusahaan, (2) hasil penjualan dan barang yang di keluarkan perusahaan pada saat itu.
4)      Kurva permintaan bertujuan untuk menjelaskan jumlah permintaan ke atas sesuatu barang pada berbagai tingkat harga dan menunjukan hasil penjualan rata-rata yang diterima produsen pada berbagai tingkat produksi.
5)      Beberapa kebaikan dalam pasar persaingan sempurna diantaranya : persaingan sempurna memaksimumkan efisiensi sumber daya secara produktif dan alokatif, persaingan sempurna membebaskan untuk bertindak dan memilih.
6)      Beberapa keburukan dalam pasar persaingan sempurna : persaingan sempurna tidak mendorong inovasi, persaingan sempurna ada kalanya menimbulkan ongkos sosial, akan membatasi pilihan konsumen, ongkos produksi mungkin lebih tinggi, efisiensi penggunaan sumber daya memungkinkan tidak meratanya distribusi pendapatan.

B.     Kritik dan saran

      Sebagai bangsa yang besar, makmur, dan bersatu indonesia merupakan negara yang sangat besar kududukannya bagi perubahan dan pergerakan perekonomian dunia. Sebagai negara yang memiliki populasi penduduk terbesar di dunia. Indonesia merupakan pangsa pasar yang paling di tuju dari berbagai belahan dunia. Berbagai industri, perusahaan dan segala bentuk usaha mulai usaha dari aspek mikro hingga makro saling bersatu secara kompleks membentuk sebuah persaingan untuk bersaing mempertahankan efektifitas perusahaan dalam pencapaian target yang mereka miliki serta pangsa pasar yang luas.
      Diharapkan dengan berbagai bentuk yang terjadi dalam persaingan pasar, akan semakin memajukan perekonomian indonesia dan membangkitkan semangat dalam melakukan berbagai kegiatan usaha dalam berbagai bentuk untuk mewujudkan indonesia, sebagai negara yang memiliki ekonomi yang kuat dan menjadi mitra dalam persaingan pasar dan dunia usaha secara global.


DAFTAR PUSTAKA





















                                            

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

MAKALAH “ Permintaan Terhadap Faktor Faktor Produksi

MAKALAH “ Permintaan Terhadap Faktor Faktor Produksi ”                                                 Dosen Pengampu : Eko Susanto,...