PASAR PERSAINGAN SEMPURNA
Diajukan Untuk
Memenuhi Salah Satu Tugas
Mata Kuliah: Pengantar
Ekonomi Makro
Dosen Pengampu : Eko Susanto, S.E., M.M
Disusun Oleh :
M. Huston Nawawi
PROGRAM
STUDI EKONOMI SYARIAH
SEKOLAH
TINGGI ILMU EKONOMI DAN BISNIS ISLAM (STEBIS) DARUSSALAM
OGAN
KOMERING ILIR
Kata
Pengantar
Pertama-tama saya panjatkan puja dan puji
syukur atas kehadirat allah swt. Yang telah melimpahkan rahmat, taufiq dan
inayahnya sehingga makalah ini dapat terselesaikan tepat waktu. Tak lupa
sholawat dan salam saya haturkan kepada junjungan nabi kita muhammad saw. Yang telah mengantarkan
saya dari zaman yang buruk ke zaman yang lebih indah.
Selanjutnya saya mengucapkan banyak
terimakasih kepada semua pihak yang telah membantu mensukseskan makalah ini,
sehingga makalah ini dapat di kumpulkan pada waktu yang tepat.
Mohon maaf apabila terdapat kekurangan dalam
penyusunan makalah dari awal sampai akhir, sesungguhnya saya telah membuatnya
semaksimal mungkin namun saya sangat berharap kritik dan saran yang membangun
dari dosen atau teman saya untuk memperbaiki makalah ini.
Ogan Komering
ilir, April 2020
Hormat kami
Penyusun
Daftar Isi
BAB I
PENDAHULUAN
PENDAHULUAN
A.
Latar
Belakang Makalah
Jepara merupakan salah satu kota kabupaten
yang berada di jawa tengah tepatnya di sebelah timur kota semarang. Jepara
sendiri mempunyai banyak pasar tradisional dan ada juga beberapa pasar modern.
Hampir setiap daerah kecamatan di jepara terdapat satu atau dua pasar
tradisional yang setiap harinya terjadi adanya transaksi produk barang ataupun
jasa. Namun jika kita melihat lebih dalam lagi terdapat banyak produsen yang
rata-rata menjual bahan pangan untuk kebutuhan sehari-hari termasuk beras dan
sayur-sayuran. Para pelaku produsen
ingin menjalankan kegiatan produksi secara
sukses dan produk yang dihasilkan dapat dinikmati oleh konsumen. Segala upaya dilakukan agar hal tersebut
dapat terwujud. seperti penyediaan berbagai produk yang memang
diminati serta dibutuhkan oleh konsumen pada saat ini. dengan kata lain
produk tersebut memiliki potensi besar karenadidukung
oleh para konsumen yang besar. terlebih mampu menarik daya beli konsumen
terhadap produknya. dan produk tersebut juga tentunya dapat memberikan benefit
yang relatif sama bagi semua konsumen
Menjadi
sangat penting bagi sebuah pasar dapat memberikan karakteristik dalam setiap
produsen terhadap produknya. Untuk itu produsen perlu memperhatikan segala
faktor dan aspek hambatan yang akan mempengaruhi hambatan perusahaan dalam
bentuk persaingan di dalam pasar. Dalam pasar persaingan sempurna, struktur
pasar akan mempengaruhi perusahaan, jumlah perusahaan, sifat produk yang
dihasilkan serta kemampuan perusahaan dalam mempengaruhi harga dan pasar.
Semua landasan yang tertulis diatas menjadi landasan
mengapa makalah ini dibuat dan untuk lebih jelasnya akan dilanjutkan di rumusan
masalah dan informasi lain di “PASAR PERSAINGAN SEMPURNA”.
B.
Rumusan
Masalah
Rumusan masalah yang akan di bahas dalam
makalah ini sebagai berikut :
a)
Pengertian
dan karakteristik dari pasar persaingan sempurna?
b)
bagaimanakah
permintaan, penerimaan dan penawaran dari pasar persaingan sempurna?
c)
bentuk-bentuk
keseimbangan yang terjadi di dalam pasar persaingan sempurna?
d)
kelebihan
dan kelemahan dari pasar persaingan sempurna?
C.
Tujuan
Pembuatan Makalah
Tujuan dalam pembuatan makalah ini, antara
lain :
a) Memahami pengertian dan karakteristik dari
pasar persaingan sempurna
b) Memahami permintaan, penerimaan dan penawaran
pasar persaingan sempurna
c) Memahami bentuk keseimbangan yang terjadi di
dalam pasar persaingan sempurna
d) Memahami kelebihan dan kelemahan dari pasar
persaingan sempurna
BAB II
PEMBAHASAN
A.
Pengertian
pasar persaingan sempurna
Pasar persaingan sempurna adalah suatu pasar
dimana terdapat kekuatan dari permintaan dan penawaran yang dapat secara bebas
bergerak dan penjual maupun pembeli tidak dapat mempengaruhi harga, sehingga
harga di pasar benar-benar merupakan hasil kesapakatan dan interaksi antara
permintaan dan penawaran.
Permintaan yang terbentuk mencerminkan
keinginan produsen, sementara penawaran mencerminkan keinginan produsen. Dalam
pasar persaingan sempurna, pembeli maupun penjual sama sekali tidak dapat
mempengaruhi harga pasar karena baik dari penjual maupun pembeli sudah mengetahui
dengan baik informasi dari produk tersebut dan struktur yang ada pada pasar
persaingan sempurna.
Contoh pasar persaingan sempurna antara lain pasar makanan pokok yaitu
beras yang berhubungan antara petani sebagai produsen dan pedagang sebagai pembeli.
Dalam pasar beras jumlah penawaran (petani) banyak, mereka masing-masing
menjual beras dalam jumlah yang relatif kecil dengan bentuk sangat sederhana,
sehingga masing-masing petani tidak dapat mempengaruhi harga di pasar yang
sudah terbentuk. Apabila petani tersebut menjual di bawah harga pasar, maka ia
akan rugi, begitu pula sebaliknya bila ia menjual di atas harga pasar maka ia
akan di tinggalkan oleh pembeli.
B. Karakteristik pasar persaingan sempurna
Pasar persaingan sempurna memiliki karakteristik
khusus, di antaranya sebagai berikut...
·
Terdapat banyak
pembeli dan penjual, artinya masing-masing pihak, baik pembeli maupun penjual
tidak dapat mempengaruhi harga pasar.
·
Banyaknya barang yang
diperdagangkan bersifat homogen, artinya konsumen beranggapan bahwa
barang-barang yang diperjualbelikan memiliki kualitas yang sama.
·
Informasi pasar
lengkap, artinya antara pembeli dan penjual saling mengetahui tentang mutu,
harga, tempat, dan waktu barang-barang yang diperdagangkan.
·
Harga ditentukan oleh
mekanisme permintaan dan penawaran, artinya pembeli bebas mengambil keputusan
untuk membeli atau tidak terhadap barang, begitu juga penjual juga memiliki
kebebasan untuk menjual arang dan jasa.
·
Bebas dari campur
tangan pemerintah, artinya pemerintah tidak turut campur tangan dalam
menentukan harga di pasar.
·
Timbulnya kekuatan
tersendiri di dalam pasar, artinya tidak ada kekuatan luar, baik pemerintah
maupun pihak lain yang bisa mempengaruhi keputusan yang diambil oleh penjual
dan pembeli.
C. Permintaan dalam
pasar persaingan sempurna
Tingkat harga dalam
pasar persaingan sempurna di tentukan oleh permintaan dan penawaran. Misalkan
kita berbicara tentang pasar, pakaian dan anak-anak, maka harga pakaian
anak-anak di tentukan oleh kekuatan permintaan dan penawaran untuk pakaian
anak-anak. Seperti yang telah di gambarkan diagram berikut.
Perusahaan secara
individu harus menerima harga tersebut sebagai harga jual, karena jumlah output
yang di hasilkan perusahaan sangat kecil dibanding output pasar, maka berapapun
produk yang di jual perusahaan di pasar relatif tidak berubah. Untuk itu kurva
yang di gambarkan perusahaan secara individu berbentuk garis lurus horizontal,
seperti gambar berikut.
D. Penerimaan dalam
pasar persaingan sempurna
Penerimaan total (total
revenue) perusahaan sama dengan jumlah output (q) dikali harga jual (p). Karena
harga telah di tetapkan, penerimaan rata-rata (average) dan penerimaan marjinal
(marjinal revenue) adalah sama dengan harga. Demikian dengan kurva permintaan
(d) sama dengan kurva penerimaan rata-rata (ar) sama dengan kurva penerimaan
marjinal (mr) sama dengan harga (p), seperti yang di jelaskan di gambar dengan
kode a.
Kurva penerimaan
total berbentuk garis lurus dengan sudut kemiringan positif, bergerak mulai
dari titik (0,0) seperti yang di tunjukkan oleh gambar b.
E. Keseimbangan
peerusahaan dalam jangka pendek
a) Perusahaan sebaiknya
hanya berproduksi, paling tidak apabila biaya variabel (VC)= penerimaan total (TR),
atau biaya variabel rata-rata (AVC)= harga.
b) Perusahaan
memproduksi pada saat MR=MC agar perusahaan mencapai laba maksimum atau dalam
kondisi terburuk kerugiannya minimum (minimum
loss)
·
Keseimbangan jangka pendek perusahaan dalam pasar
persaingan sempurna.
menunjukan bahwa titik MR=MC (titik E) tercapai pada saat
output sejumlah Q.
·
Keseimbangan jangka pendek perusahaan pada kondisi
impas.
Kondisi impas terjadi bila biaya rata-rata sama
dengan harga, dimana laba per unit sama dengan nol.
·
Keseimbangan jangka pendek perusahaan dalam kondisi
rugi minimum.
F.
Keseimbangan
perusahaan dalam jangka panjang
a)
Perusahaan
harus bekerja sebaik mungkin (doing as well as possible) agar perusahaan mencapai
keadaan yang paling optimal.
b)
Tidak
mengalami kerugian (not suffering loss) agar dapat mengganti barang modal yang
digunakan dalam produksi.
c)
Tidak
ada insentif bagi perusahaan untuk masuk-keluar karena laba nol.
d)
Perusahaan
tidak dapat menambah laba lagi pada saat SAC=LAC
·
Menunjukkan
keseimbangan industri jangka panjang terjadi di titik E dimana tingkat harga
P=0 dan jumlah output Q=0, seperti yang dijelaskan gambar a.
·
Jika
ada perusahaan yang masuk, akan terjadi penambahan penawaran.
G.
Kelebihan
dari pasar persaingan sempurna
Dalam pasar persaingan sempurna mempunyai
beberapa kelebihan, diantaranya yaitu :
·
Mampu
mendorong efisiensi dalam produksi. Dengan jumlah produsen atau penjual yang
banyak, maka produsen akan berlomba-lomba untuk meningkatkan mutu barang yang
dijualnya.
·
Tidak
memerlukan iklan. Dengan sifat homogen di pasar persaingan sempurna, maka
pemasangan iklan sama sekali tidak di butuhkan karena jenis barang yang
diperjual belikan sama.
·
Pembeli
dan penjual bebas bertindak. Produsen dan konsumen memiliki kebebasan dalam
keluar masuk pasar. Bagi produsen yang
merasa rugi dapat keluar dari pasar. Dan konsumen dapat bebas membeli barang
kapanpun.
H.
Kekurangan
dalam pasar persaingan sempurna
·
Tidak
ada dana untuk penelitian dan pengembangan produk. Dengan laba secukupnya
produsen tidak dapat melakukan inovasi pada produknya.
·
Terbatasnya
kebebasan memilih bagi pembeli. Dengan jenis barang yang di jual hanya satu,
membuat konsumen tidak bisa memilih barang sesuai selera dan tingkat pendapatan
mereka masing-masing.
BAB III
PENUTUP
A.
Kesimpulan
1)
Pasar
persaingan sempurna merupakan suatu pasar dimana produk yang di jual bersifat
homogen serta banyak penjual dan pembeli namun mereka tidak dapat mempengaruhi
keadaan pasar sekarang maupun kondisi yang akan terjadi.
2)
Karakteristik
dari pasar persaingan sempurna diantara lain : pelaku usaha merupakan pengambil
harga, setiap pelaku usaha dapat bebas keluar masuk pasar, terdapat banyak
pelaku usaha dengan output kecil, pengetahuan pembeli mengenai pasar.
3)
Di dalam
menganalisis usaha suatu perusahaan dan untuk memaksimumkan sebuah keuntungan,
terdapat 2 hal yang perlu dipeerhatikan : (1) ongkos produksi yang dikeluarkan
perusahaan, (2) hasil penjualan dan barang yang di keluarkan perusahaan pada
saat itu.
4)
Kurva
permintaan bertujuan untuk menjelaskan jumlah permintaan ke atas sesuatu barang
pada berbagai tingkat harga dan menunjukan hasil penjualan rata-rata yang
diterima produsen pada berbagai tingkat produksi.
5)
Beberapa
kebaikan dalam pasar persaingan sempurna diantaranya : persaingan sempurna
memaksimumkan efisiensi sumber daya secara produktif dan alokatif, persaingan
sempurna membebaskan untuk bertindak dan memilih.
6)
Beberapa
keburukan dalam pasar persaingan sempurna : persaingan sempurna tidak mendorong
inovasi, persaingan sempurna ada kalanya menimbulkan ongkos sosial, akan
membatasi pilihan konsumen, ongkos produksi mungkin lebih tinggi, efisiensi
penggunaan sumber daya memungkinkan tidak meratanya distribusi pendapatan.
B.
Kritik
dan saran
Sebagai bangsa yang besar, makmur, dan
bersatu indonesia merupakan negara yang sangat besar kududukannya bagi
perubahan dan pergerakan perekonomian dunia. Sebagai negara yang memiliki
populasi penduduk terbesar di dunia. Indonesia merupakan pangsa pasar yang
paling di tuju dari berbagai belahan dunia. Berbagai industri, perusahaan dan
segala bentuk usaha mulai usaha dari aspek mikro hingga makro saling bersatu
secara kompleks membentuk sebuah persaingan untuk bersaing mempertahankan
efektifitas perusahaan dalam pencapaian target yang mereka miliki serta pangsa
pasar yang luas.
Diharapkan dengan berbagai bentuk yang
terjadi dalam persaingan pasar, akan semakin memajukan perekonomian indonesia
dan membangkitkan semangat dalam melakukan berbagai kegiatan usaha dalam
berbagai bentuk untuk mewujudkan indonesia, sebagai negara yang memiliki
ekonomi yang kuat dan menjadi mitra dalam persaingan pasar dan dunia usaha
secara global.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar